Zevit Grow & Zevit C Time Release

Zevit Grow & Zevit C Time Release

zevit zone
ARTICLES
SCHOOL ZONE
5 Tipe Guru di Sekolah dan Cara Menghadapinya
Thursday, 02 February 2017

Guru oh guru, makhluk seperti apa sih mereka sebenarnya? Ada yang nyenengin, ada yang nakutin. Ada yang pelit ngasih nilai, ada yang royal. Tenang gaes, sekarang Zevit mau kasih kamu trik supaya kamu bisa lebih akur sama guru-guru kamu. Pastinya sih, kamu harus menghormati mereka. Tapi trik buat masing-masing guru tentu berbeda, tergantung kamu lagi berhadapan sama tipe guru yang mana. Penasaran? Baca aja ya!

Guru Killer
Caranya yang super tegas dalam mendisiplinkan siswa memang kadang nyeremin. Tetapi percaya atau enggak, di balik auranya yang horor-horor semriwing, guru kamu yang killer ini sebenernya punya selera humor yang kocak banget. Jadi, santai saja gaes, nggak usah gemeteran gitu ah. Sesekali, kamu timpalin aja candaannya. Murid yang berani ngajak beliau bercanda pasti akan diingat terus. Asal jangan jadi gak sopan ya. Biasanya guru killer itu punya keinginan yang simpel : supaya semua muridnya disiplin, menghormati yang lebih tua, dan mengerti materi pelajaran yang dia sampaikan. Beliau paling nggak suka kalau anak-anak bandel dan berisik di kelas, makanya sejak awal beliau pasang aksi sangar deh.

Guru Sabar dan Pemaaf
Wali kelas kamu kayak gini? Beruntung banget tuh dapat guru yang baik! Sayangnya, karena beliau sering ga tegas, secara nggak sadar kedisiplinan kelas kamu jadi kendor deh. Saat beliau mengajar, seringkali suaranya tenggelam di antara ributnya anak-anak. Sampai pada satu saat ia pun naik pitam dan marah besar! Jangan sampai hal ini terjadi ya, gaes. Kasihan lho, guru kamu. Jangan lupa, sebenarnya yang butuh ilmu itu kalian. Bukan sebaliknya. Kalianlah yang butuh dibekali ilmu agar nilai ujiannya bagus. Kalian jugalah yang butuh diajari supaya bisa pintar dan berguna di masa depan. Jadi hargai usahanya ya. Kalau kelas kamu ribut lagi, coba deh kamu bantu beliau untuk membuat teman-temanmu lebih tenang. Pasti dia akan berterimakasih padamu!

Guru Perfeksionis
Guru yang seperti ini biasanya punya mata yang jeli terutama dalam hal penampilan. Ada rok siswi yang kependekan, atau rambut siswa yang kepanjangan, pasti langsung diomeli. Beliau punya prinsip semua murid harus bisa menaati tata tertib sekolah dengan sempurna. Saat mengajar, ia juga sering banget menjejali otak kita dengan wejangan kehidupan, dan ilmu-ilmu baru yang bahkan nggak ada di buku teks. Pokoknya beliau bisa dibilang "born to be a teacher" deh. Ambil hatinya dengan selalu memberikan yang terbaik di kelas. Jangan pernah lupa mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh, karena ia sangat menghargai usaha muridnya. Guru ini juga pelit nilai, jadi jangan patah semangat untuk terus belajar, ya!

Guru Kurang Jelas
Guru yang nggak jelas dalam mengajar memang terasa sangat menyebalkan. Soalnya kita jadi merasa nggak ngerti apa-apa setelah kelasnya usai. Sayangnya setiap tahun pasti ada saja guru seperti ini, yang ajarannya sulit untuk dipahami. Kalau sudah begini, kamu harus rajin bertanya di kelas. Jika teman-temanmu yang lain juga kurang paham, kalian harus kompak dan menyampaikannya dengan jujur. Dengan cara ini beliau akan sadar sampai di mana kemampuan kamu dan teman-teman sekelas. Semoga setelah itu proses belajar-mengajar pun bisa lebih lancar ya. Nah, kalau sudah sangat parah, sebaiknya kamu dan teman-teman mengatur waktu untuk berkonsultasi pada guru lainnya sepulang sekolah.

Guru Soal-Ujian-Super-Susah
Pas lagi ngajar di kelas, semua terlihat mudah. Begitu kertas soal ulangan dibagikan, waduh!! Keringat dingin mulai muncul di sekujur tubuh. Soalnya kok susah banget yah??! Dari peristiwa ini, hikmah yang bisa kita tarik yaitu janganlah meremehkan apapun dan siapapun. Lain kali ia sedang mengajar, sebaiknya kamu 100% konsentrasi untuk menyimak bahkan mencatat hal-hal yang ia sampaikan dengan penekanan tertentu. Bisa jadi itu poin yang masuk ulangan, gaes! Selain itu, kamu juga wajib latihan soal dan benar-benar menguasai konsep pelajarannya ya. Jangan cuma menghafal rumus atau menghafal kata-per-kata di buku teks. Karena guru tipe ini senang membuat soal yang menguji penguasaan konsep kamu!

Guru Gaul
Paling asyik nih, diajar oleh guru yang satu ini. Bawaannya bercanda melulu! Pelajaran yang dibawakan pun cepat masuk ke otak. Urusan nilai juga relatif lebih royal dibanding guru-guru lain. Namun, jangan lantas jadi terlalu santai. Saat menghadapi ujian, kamu sangat butuh ketelitian dan ketekunan. Ia juga suka sebal melihat murid yang pasif saja di kelas. Yang beliau harap, semua murid bisa berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar. Namun hindari juga tingkah yang over-aktif, apalagi SKSD (sok kenal sok dekat). Hati-hati aja, tingkah kamu bisa digosipin di ruang guru!

BACA JUGA
SCHOOL ZONE
Cara Pintar Persiapkan Diri Sebelum Ujian
Satu hal yang pasti, tentunya masa-masa persiapan ujian adalah masa yang bisa menentukan bagus enggaknya nilai yang akan kamu dapat nanti.
BACA SELENGKAPNYA »
SCHOOL ZONE
Kamu yang dari Sekolah Internasional Pasti Tahu Hal ini
Kali ini zevit ingin membahas asyiknya bersekolah di international school.
BACA SELENGKAPNYA »
SCHOOL ZONE
Bullying Bisa Terjadi dengan Cara-cara Ini Lho!
Masalah bullying bisa terjadi sama siapa aja. Dari anak TK sampai lulus SMA semua dapat mengalaminya.
BACA SELENGKAPNYA »
SCHOOL ZONE
Galau Penjurusan IPA vs IPS? Ukur Tingkat Kecocokan Kamu di Kuis ini!
Galau Penjurusan IPA vs IPS? Ukur Tingkat Kecocokan Kamu di Kuis ini!
BACA SELENGKAPNYA »